Memperbaiki Aplikasi di Sistem Android Cross A27

Hari ini saya kembali memperbaiki sebuah Smartphone Android Cross A27.

Ada beberapa masalah yang ditemukan :

  • Aplikasi tambahan terinstal ke sistem.
  • Tidak ada pilihan untuk menghapus atau uninstal aplikasi.
  • Beberapa aplikasi tambahan tersebut menunjukan gejala error atau gagal terbuka dengan notifikasi yang sering muncul di layar, persis seperti gejala bootloop.

Mengembalikan App Bawaan System Android yang Hilang 1 

Sampai di sini saya masih tidak mengerti kenapa aplikasi tambahan tersebut bisa masuk ke dalam Sistem Android.

Apa yang dilakukan teman saya sehingga aplikasi tersebut sampai “masuk” ke sistem ?!

fe742-perangkatandroid

Perkiraan saya, teman saya menggunakan “suatu” aplikasi yang entah apa, dia instal ke sistem, kemudian aplikasi itu dihapus atau terhapus dengan meninggalkan penghalang (kode atau encrypt) untuk meng-uninstal aplikasi tersebut.

Bila kita menginstal aplikasi, kita hanya punya 2 pilihan untuk menginstalnya, instal di memori telepon atau instal di memori card. Tapi tidak akan sampai masuk ke sistem.

Oke apa pun itu, masalah harus dipecahkan. Yaitu kita harus menghapus aplikasi di sistem (bloatware) tersebut tanpa flashing ulang.

  1. Langkah pertama yang dilakukan adalah mereset pabrikan melalui pengaturan. Teman saya bilang dia sudah melakukan cara ini beberapa kali tapi tidak berhasil. Saya mencobanya sendiri dan benar tidak berhasil.
  2. Langkah kedua kita reset melalui menu recovery. Posisi hape dalam keadaan mati, Tekan Tombol Power + Tombol Volume Bawah Bersamaan sampai muncul logo Cross, lepas kedua tombol. Gunakan volume atas dan volume bawah untuk memilih menu, tombol Home untuk yes (eksekusi). Pilih eMMC untuk mereset, tunggu sampai selesai dan reboot ulang. Hasilnya??? Cara ini tetap tidak berhasil.

Bila cara yang paling ampuh saja (menu recovery) tidak berhasil, apa yang harus dilakukan ???

Hampir 3 jam saya mengutak-atik hape ini agar bisa menemukan celah masuk ke sistem.

Untuk membuat smartphone terhubung ke PC saja, saya harus menahan konektor agar tidak terlepas. Karena konektor Cross A27 mempunyai konektor yang lebih panjang beberapa mm. Konektor asli tapi palsu milik Cross ini hanya bisa men-charge tanpa bisa membaca data.

Jadi saya menggunakan charge asli milik Blackberry saya. Sangat merepotkan. Tapi bagaimanapun akhirnya saya menemukan cara agar bisa masuk ke sistem.

Ini cara memperbaikinya :

Dengan menggunakan MobileUncle Tool kita bisa mendapatkan pilihan untuk meng-uninstal aplikasi di dalam sistem. Syaratnya perangkat sudah di Root.

Karena itu gunakan Root Genius. Aplikasi ini berhasil untuk Smartphone Cross A27, aplikasi lain gagal. Saya sudah mencobanya.

Bila perangkat berhasil Root akan muncul aplikasi KingUser di menu. Kemudian cek dengan Root Checker untuk mengetahui apakah smartphone telah berhasil di Root atau tidak.

Terakhir jalankan MobileUncle Tool, pilih aplikasi yang ingin di uninstal, akan ada pilihan memasukan kode yang muncul —> Uninstal APK By Root.  dan kemudian Reboot.

Cara ini harus dilakukan satu persatu sampai aplikasi tambahan yang bukan asli sistem terhapus semua. Uninstal Reboot, Uninstal Reboot, dstnya…

Smartphone kembali seperti sediakala.

Semoga berguna.

*Baca juga Apa itu Bloatware ???

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.