Cara Reset Android, Dan Apa Itu Bloatware ???

Untuk melakukan Reset pada handset atau tablet Android bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Tapi bila handset kalian hanya mengalami masalah minor seperti aplikasi yang tidak kompatibel, lebih baik jangan melakukan hal ini. Disarankan kalian menghapus aplikasi tersebut atau menonaktifkannya saja.

Cara untuk melakukan Reset pada Tablet atau Smartphone Android :

  • Masuk ke setting (pengaturan) —> pilih Factory data reset.

reset android

  • Bisa juga dilakukan melalui Menu Recovery. Untuk setiap handset Android maka berbeda pula cara menekan tombol Power + Volume up / down secara bersamaan. Atau mungkin juga dibarengi dengan menekan tombol Home. Silahkan browsing terlebih dahulu di Mbah Google untuk lebih pastinya.

tombol_hard_reset

Di dalam Menu Recovery, pilih wipe data / factory reset.

Biarkan Robot Android bekerja, dan handset akan restart dengan sendirinya.

Dan untuk handset buatan China dengan chipset Mediatek biasanya akan muncul dengan tulisan China. Pilihlah “MMC“.

Hard-reset-Samsung-Galaxy-Star-1

Saran dari saya, jangan terlalu sering melakukan hal ini.

Apa alasan kalian ingin melakukan Reset Pada Android ??? Apa karena Bloatware ???

Apa sih Bloatware ??? Bloatware sendiri adalah aplikasi yang diinstal oleh vendor (lokal) agar memudahkan pengguna memakainya secara langsung, tanpa perlu kita harus repot menginstalnya sendiri (preinstal software atau bundle program).

Tapi pada kenyataannya, aplikasi semacam ini justru merepotkan dan menjadi sangat mengganggu. Karena aplikasi tanpa kita sadari berjalan sendiri di belakang layar, mengeksekusi fitur yang ada pada aplikasi berjalan itu tanpa kita sadari.

Dengan berjalannya aplikasi ini, otomatis akan menggunakan RAM dan memperlambat kinerja smartphone kita, belum lagi bila aplikasi tersebut mengeksekusi perintah untuk mendownload aplikasi baru tanpa seijin kita.

Aplikasi ini biasanya adalah aplikasi Store (Toko) Bawaan vendor yang kalian beli dan juga beberapa aplikasi lainnya.

Tidak percaya ??

Silahkan buka pengaturan dari Aplikasi Store tersebut, cek bagian update otomatisnya, pasti akan kalian temukan aplikasi akan menginstal otomatis setiap kali ada pembaruan dari aplikasi yang kalian miliki.

Bagaimana cara menyingkirkan Bloatware ???

bloatware

Sayang seribu sayang, Vendor Android pembuat smartphone yang kalian beli tidak bersahabat dan setuju kalian melakukan ini.

Mereka biasanya menyembunyikannya di dalam sistem folder (sistem) agar dan kalian tidak mempunyai ijin untuk mengaksesnya.

Dan mereka berhasil melakukan hal ini dengan sangat baik.

Solusinya adalah melakukan ROOT.

Dengan ROOT, smartphone akan mempunyai SuperUser terinstal di dalamnya.

Cara-Root-Android-dengan-SuperSU

SuperUser sendiri adalah aplikasi sistem yang akan mengijinkan suatu aplikasi agar bisa berjalan pada sistem android. Dan ijin ini harus didapatkan dari kita sebagai pemilik handset.

Dengan begini, aplikasi-aplikasi yang tadi sangat mengganggu tidak akan bisa berjalan sendiri tanpa ijin dari kita.

Bahkan dengan ROOT, kita bisa menyingkirkan aplikasi yang tidak kita inginkan. Dan tentu saja kita masih perlu satu senjata ampuh yaitu MobileUncleTool.

Note : Jangan sampai kalian menghapus aplikasi ASLI sistem Android. Penting juga bila kalian melakukan BackUp terlebih dahulu untuk berjaga-jaga. Siapa tau kalian keasyikan menghapus sesukanya yang tidak kalian mengerti.  Gunakan Titanium BackUp.

Silahkan bertanya bila ada hal yang kalian tidak mengerti. Malu bertanya sesat dijalan. 🙂

Baca disini cara menyingkirkan Bloatware –> Memperbaiki Aplikasi di Sistem Android Cross A27 dan Aplikasi Alternatif Menghilangkan Bloatware


Tetap berkreasi.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.